Friday 21 October 2016

Ijab Kabul, ketika Salaman Terasa Menegangkan!

Saya terima nikah dan kawinnya ..... binti ...... dengan mas kawin yang tersebut tunai!



Kalimat tersebut singkat dan tentunya mudah dihafalkan. Maka dari itu, banyak yg memilih untuk tidak membawa contekan teks ijab kabul ketika prosesi akad nikah. Gue pun sempat berpikir untuk tidak membawa contekan, terlebih gue sering melihat prosesi ijab kabul di sinetron   yang dilafalkan tanpa membaca teks. Namun akhirnya niat tersebut gue batalkan, mungkin karena gw terbiasa membuat contekan ketika sekolah dulu, *loh* haha just kidding.

Ada beberapa pertimbangan ketika gue memutuskan untuk membaca teks, Pertama, gue takut tiba-tiba blank. Kedua, gue beberapa kali denger cerita tentang ijab kabul teman/saudara yang harus diulang karena terdapat kesalahan dalam pengucapan. Memang sih kalo ijab kabul tanpa baca teks terasa lebih keren, tapi gue ga mau ambil resiko di momen yang sakral tersebut. Kalo nama bapaknya yg salah masih dimaklumi, tapi kalo nama calon istri yg salah gimana? bisa bubar acara. hehe

FYI, dari mulai H-7 hingga H-1, setiap harinya gue komat-kamit latihan baca ijab kabul bahkan direkam dan hasil rekamannya dikirimkan melalui voice note  ke calon istri. Niat banget yes! haha. Pas latihan sih semuanya lancar, gue pun yakin bisa lancar dalam melafalkannya *kepedean*. Namun semua rasa percaya diri gue seperti hilang ketika hari H.

True story, muka gue kelihatan bgt tegangnya! haha. Pressure nya terasa bgt, ditambah banyak saudara dan teman yg menonton langsung. Ketegangan semakin bertambah ketika sudah satu meja dengan calon istri, calon mertua, saksi, dan juga penghulu. Entah berapa kali gue komat-kamit dalam hati buat baca teks ijab kabul yg sudah tersedia diatas meja. Ketegangan mencapai klimaksnya ketika calon mertua mulai membacakan kalimat "Saya nikahkan engkau dengan anak kandung saya bla bla bla...", sekujur tubuh pun terasa dingin dan jantung berdetak kencang. hahaha *asli lebay bgt gue*

Alhamdulillah, ijab kabulnya berlangsung dengan lancar tanpa harus diulang *lega*. Entah karena tegang atau karena saking semangatnya, gue jadi lantang bgt pas melafalkan kalimatnya, plus cepet bgt bacanya. hehe. Ketika penghulu dan saksi bilang "SAH", ekspresi muka gue pun langsung berubah. haha

Demikianlah sedikit cerita gue pas momen ijab kabul yg amat sangat menegangkan. Kalo penasaran gimana tegangnya gue, bisa dilihat disini:

Notes: Abaikan suara ketawa di akhir video, itu efek gue terlalu bersemangat :D



2 comments:

  1. Wah turut berbahagia atas hari sakralnya ya
    Emang klo moment ijab dulu aku ngerasa biasa aja, paksuami yg grogi juga bapakku malah wakaaaa
    Kunjungan perdana nih habis dari blog santistory

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gustyanita, thanks ya udah mampir. Sebenernya nikahnya udah 6 bulan yg lalu, tapi baru sempet share di blog sekarang. hehe

      Dulu istri saya malah ikutan tegang,termasuk juga keluarga pada ikut tegang. Untungnya Pak Penghulu ga tegang juga. haha

      Delete